Pendamping Desa Memperkenalkan OpenSID

Sebagai pendamping desa, teman2 tentunya mengerti pentingnya Sistem Informasi Desa (SID) untuk memajukan desa, antara lain :

1. Untuk penguatan pengawasan pembangunan desa, dengan adanya Sistem Informasi Desa yang terbuka bagi publik maka pengawasan pembangunan desa akan semakin jelas dan tepat sasaran.

2.Untuk penguatan pemetaan kondisi dan potensi desa, dengan adanya Sistem Informasi Desa kondisi dan sektor-sektor yang menjadi potensi unggulan desa dapat didokumentasikan dan dikedepankan dengan baik.

3.Untuk penguatan kualitas pelayanan publik desa, dengan adanya Sistem Informasi Desa, data-data dan dokumen surat menyurat untuk pelayanan publik desa akan lebih akurat dan cepat didapat, sehingga kualitas pelayanan publik desa meningkat.

Dan teman2 tentunya juga tahu sudah banyak desa yang berhasil menerapkan SID.

Tetapi apakah desa dampingan anda sudah memanfaatkan SID? Jika belum, sebagai pendamping desa, anda mempunyai peran penting untuk mengarahkan dan membantu desa menerapkan SID.

Tidak ada alasan untuk menunda. OpenSID adalah aplikasi SID gratis bebas diperoleh dan telah digunakan banyak desa (cek di http://tracksid.bangundesa.info/index.php/laporan) -- dan dikembangkan bersama-sama oleh desa.

Untuk info lebih lanjut, silakan bergabung dengan komunitas OpenSID di https://www.facebook.com/groups/OpenSID. Komunitas yang terdiri dari perangkat dan pegiat desa ini siap membantu anda.