Penerapan OpenSID di Desa Tosaran demi Percepatan Pelayanan Publik

Akhirnya Desa Tosaran Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan resmi mempunyai website, seiring penerapan aplikasi OpenSID. Tujuan utama dari penerapan aplikasi ini adalah untuk mempercepat pelayanan publik, dalam hal ini layanan administrasi surat menyurat seperti pembuatan surat pengantar SKCK, surat keterangan tidak mampu, dan lain-lain.

Sebelumnya, dengan cara tradisional, kita harus menginputkan data diri warga yang meminta surat yang tentunya memakan waktu. Dengan aplikasi OpenSID, cukup mencari nama/nomor induk kependudukan (NIK), data warga sudah langsung muncul.

Selain itu, warga yang ingin mengetahui data desa seperti jumlah penduduk, wilayah desa, sejarah desa dan lain-lain juga dapat dengan mudah mengaksesnya melalui website desa, termasuk berita-berita lokal desa tentang proses pembangunan dan kegiatan-kegiatan terkait juga bisa dilihat di website desa.

Mudah-mudahan, penerapan aplikasi ini bisa dilakukan di seluruh wilayah kabupaten Pekalongan sehingga nantinya bisa menjadi program pemda. Dengan demikian masalah (klasik) database kependudukan bisa terselesaikan karena langsung terkoneksi dengan Disdukcapil. Selama ini memang yang menjadi kendala adalah database kependudukan yang tidak sama antara catatan di dukcapil dengan kondisi riil di desa.