Pengelolaan Dokumen

OpenSID menyediakan Arsip Dokumen desa untuk memudahkan penyimpanan, pencarian dan penampakan dokumen. Dokumen yang sudah dalam format elektronik, seperti PDF atau MS Word, dapat langsung diunggah ke Arsip Dokumen. Dokumen berbentuk cetakan kertas atau bentuk cetakan lain perlu discan dulu ke format elektronik.

OpenSID dapat menyimpan dokumen dengan kategori berikut:

  • SK Kades, untuk semua surat keputusan Kepala Desa
  • Perdes, untuk semua Peraturan Desa
  • Umum, untuk semua dokumen lainnya

Arsip Dokumen dikelola di halaman Dokumen, yang dapat diakses melalui menu Admin Web > Dokumen, seperti terlihat di gambar berikut.

halaman-dokumen

Tampilkan Dokumen Menurut Kategori

Untuk menampilkan dokumen untuk suatu kategori, klik menu pilihan di samping kiri, seperti terlihat di gambar berikut.

pilih-kategori-dokumen

Tambahkan Dokumen Baru

Untuk menambah dokumen baru dengan kategori yang ditampilkan, klik tombol Tambah Dokumen Baru.

tambah-dokumen-baru

Di form yang ditampilkan, isi judul dokumen/keterangan singkat dan unggah berkas dokumen. Kemudian isi data lain yang diperlukan sesuai kategori dokumen. Klik Simpan untuk menyimpan data dokumen baru itu.

form-tambah-dokumen-baru

Ubah Data Dokumen

Untuk mengubah data suatu dokumen, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut.

ubah-data-dokumen

Di form yang ditampilkan, ganti judul dokumen/keterangan singkat, unggah berkas dokumen baru atau ubah data khusus kategori dokumen. Klik Simpan untuk menyimpan perubahan itu.

form-ubah-dokumen

Unduh Dokumen

Untuk mengunduh berkas suatu dokumen, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut.

unduh-dokumen

Aktifkan/Non-aktifkan Dokumen

Untuk mengaktifkan atau non-aktifkan dokumen, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut.

aktifkan-dokumen

Dokumen aktif akan tampil di laporan, termasuk laporan di Modul Web, sedangkan dokumen non-aktif tidak akan tampil. [Fitur ini belum diterapkan]

Hapus Dokumen

Untuk menghapus suatu dokumen, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut. Di dialog yang tampil, klik Ya untuk konfirmasi.

hapus-dokumen

Beberapa dokumen dapat dihapus sekaligus, dengan mencentang dokumen yang akan dihapus, dan kemudian menekan tombol Hapus, seperti terlihat di gambar berikut. Di dialog yang tampil, klik Ya untuk konfirmasi.

hapus-beberapa-dokumen

Cari Dokumen

Untuk mencari dokumen berdasarkan judulnya, masukkan kata yang dicari ke dalam kotak isian seperti terlihat di gambar berikut, dan klik Cari. Dokumen yang judulnya berisi kata yang dicari akan ditampilkan.

cari-dokumen

Memilah Dokumen

Daftar dokumen bisa dipilah berdasarkan status aktif atau non-aktif. Untuk memilah daftar dokumen, pilih status yang diinginkan seperti terlihat di gambar berikut. Dokumen dengan status yang dipilih akan ditampilkan.

memilah-dokumen

Panduan OpenSID dibuat oleh pengguna dan pegiat OpenSID, termasuk teman-teman yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Sipil Lombok. Kami juga mengajak anda untuk turut membantu mengembangkan panduan ini, untuk manfaat bersama. Silakan melihat caranya di Mengembangkan Panduan OpenSID.

Petunjuk cara memakai panduan ini ada di Petunjuk Memakai Panduan OpenSID.