Panduan Update OpenSID

Walaupun tidak akan tertimpa, untuk menjaga keamanan data dan perubahan yang telah dilakukan pada SID anda, sebaiknya lakukan backup sebagai berikut :

  1. Backup database aplikasi SID, mempergunakan perangkat phpmyadmin yang ada di server.
  2. Backup folder desa, yang berisi semua file khusus desa.

Langkah untuk memutakhirkan instalasi OpenSID

  1. Unduh rilis OpenSID terbaru dari https://github.com/eddieridwan/OpenSID/releases. Jangan lupa membaca keterangan rilis itu.
  2. Bongkar (extract) file unduhan .zip atau .tar.gz untuk menggantikan file yang ada di root directory server anda. Jika memakai server XAMPP, root directory yang perlu diganti adalah folder htdocs.

Langkah tambahan (kalau perlu) :

  1. Apabila ada file migrasi, dengan nama berpola migrasi_[versi-awal]_ke[versi_akhir].sql, ini menunjukkan ada perubahan struktur database yang perlu dilakukan. Import file sql tersebut mempergunakan perangkat phpmyadmin.
  2. Kadangkala ada tindakan khusus yang perlu dilakukan sebelum memakai suatu release. Kalau ada, release tersebut akan menyediakan petunjuk dalam file catatan_release_[nomor_versi].txt. Ikuti petunjuk dalam file tersebut.

Melihat daftar file yang diubah pada rilis OpenSID

Semua perubahan yang dilakukan untuk setiap rilis dapat dilihat di github.

Untuk melihat perubahan yang dilakukan untuk rilis tertentu, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Di https://github.com/eddieridwan/OpenSID/releases, cari rilis yang ingin diperiksa. Sebagai contoh, di gambar berikut, yang akan diperiksa adalah rilis v1.1.1. Klik tautan rilis v.1.1.1 untuk melihat isi versi itu. update1
  2. Isi rilis itu akan ditampilkan. Untuk melihat daftar commit untuk rilis itu, klik tautan seperti terlihat di gambar berikut. update2
  3. Semua commit sampai dengan rilis v1.1.1 akan ditampilkan. Gambar berikut menunjukkan semua commit sejak rilis sebelumnya. Kita dapat mengetahui commit mana yang merupakan bagian dari rilis sebelumnya dengan mengikuti kedua langkah di atas untuk rilis sebelumnya.
    Untuk melihat perubahan yang dilakukan pada suatu commit, klik tautan pada commit itu, seperti diperlihatkan pada gambar berikut. update3
  4. Daftar perubahan dalam commit itu akan ditampilkan. Sebagai contoh, gambar berikut menunjukkan ada dua file yang diubah, dan juga menunjukkan perubahan yang dilakukan di file tersebut. update4

Update SID CRI

CRI sewaktu-waktu akan mengeluarkan SID versi baru. OpenSID akan menyerap dan menyesuaikan setiap release SID CRI.

Pemakai OpenSID sebaiknya menunggu versi yang telah menyerap release SID CRI yang baru tersebut, karena OpenSID melakukan perubahan script SID yang agak banyak dan memerlukan pengetahuan PHP lumayan canggih untuk mengubahnya.

Idealnya, perubahan yang telah dilakukan di OpenSID, juga dilakukan oleh Tim CRI di source code SID CRI. Atau SID CRI menyediakan fasilitas serupa yang ditambahkan di OpenSID. Kalau ini sampai terjadi, OpenSID tidak perlu diteruskan dan bisa dihentikan. Sementara itu, pemakai OpenSID sebaiknya selalu memakai release dari https://github.com/eddieridwan/OpenSID/releases.

Panduan OpenSID dibuat oleh pengguna dan pegiat OpenSID, termasuk teman-teman yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Sipil Lombok. Kami juga mengajak anda untuk turut membantu mengembangkan panduan ini, untuk manfaat bersama. Silakan melihat caranya di Mengembangkan Panduan OpenSID. Petunjuk cara memakai panduan ini ada di Petunjuk Memakai Panduan OpenSID